• MTS NEGERI 1 KOTA KEDIRI
  • MADRASAH HEBAT BERMARTABAT

MTsN 1 Kota Kediri Juara Nasional Robotik

Baru sekali berlaga tapi langsung juara. Itulah prestasi emas yang ditorehkan dua siswa ini. Padahal, sebelum perlombaan mereka sempat ‘terteror’ akibat program yang error.

Keheningan di ruang guru di MTsN 1 Kota Kediri pecah ketika dua siswa, yang kemudian diikuti seorang siswa lagi, masuk. Beberapa guruyang awalnya duduk di kursi beranjak berdiri. Datang menyalami ketiga siswa tersebut.

“Selamat sudah jadi juara nasional,” ucap Didit Dwi Wahyuliono, waka kesiswaan, sembari mengulurkan tangan.

Ketiga siswa itu menyambut ucapan itu dengan tersenyum. Kemudian bergegas masuk ke ruang kepala MTsN 1 Kota Kediri M. Nizar. Diikuti Didit dan Khoirun Niam, waka kurikulum.

“Mereka inilah para juaranya,” sambut Nizar dengan bangga.

Ketiga siswa itu memang baru saja menorehkan prestasi gemilang. Dua di antaranya berjaya di ajang lomba robotik tingkat MTs yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) RI. Yaitu Fachrurozi Rizky Zian Rizalotama dan Azzam Akbar Asyari. Sedangkan yang seorang lagi adalah Qadafi Zan Zabil. Siswa ini baru saja meraih medali emas dalam lomba pidato bahasa Inggris dalam Porseni Jatim.

“Alhamdulillah, sebenarnya tidak menyangka (meraih juara nasional),” aku Fachrurozi.  

Sebab, dalihnya, dalam kejuaraan yang berlangsung 16-17 November itu, pesertanya puluhan wakil dari seluruh madrasah di Indonesia. “Total ada 30 tim yang berhasil lolos ke tingkat nasional,” terangnya.

30 tim yang lolos tersebut sebelumnya harus mengirim proposal kepada panitia pelaksana. Dari ratusan proposal yang dikirim, hanya 30  peserta itulah yang bisa tampil di kejuaraan nasional yang lokasinya di Grand City Mall Surabaya itu.

Dua siswa itu juga mengaku tak menyangka dipilih pihak madrasah yang berlokasi di Jalan Raung 87 Kota Kediri itu. Apalagi ekstrakurikuler robotik yang mereka ikuti juga tergolong baru. 

“Ekstrakurikuler robotik diadakan hari Sabtu sore,” timpal Azzam.

Namun, pihak sekolah yakin dengan kemampuan anak didiknya. Dengan dibantu pembina robotik Julian, dan juga guru pembina Mulyono, keduanya pun mempersiapkan diri. Mereka memilih robot pemilah sampah.

Secara ringkas, prinsip lomba itu adalah mengompetisikan robot pemilah sampah. Prinsip kerjanya, robot itu berjalan dan mengambil sampah. Dengan berjalan di garis yang memiliki sensor. Namun, ada tiga kategori yang diperlombakan. Point, algoritma, dan design.

 “Jadi robot yang berhasil mengambil sampah dan memasukkan ke tempat yang sudah disediakan  yang akan mendapatkan point,” jelas Fachrurozi.

Kemengan Fachrurozi dan Azzam tidaklah mudah. Kerja keras harus mereka lakukan. Seminggu sebelum lomba, keduanya full berlatih merakit robot di madrasah.  “Jadi seminggu itu kami dispensasi,” tambah Azzam.  

Meskipun persiapan matang, saat lomba ternyata masih muncul kendala. Masalah itu tak terbayang sebelumnya oleh kedua bocah ini. “Programnya sempat error,” kenang Fachrurozi, sembari tersenyum.

Karena sempat error, keduanya kehilangan banyak waktu. Tiga jam lamanya mereka atak bisa apa-apa. Baru sekitar pukul 16.00 pemrograman itu bisa dilakukan. “Jadi kami hanya bisa sekali coba track-nya,” jelas Azzam.

Meski begitu, pemograman keduanya berhasil dengan baik. Sehingga robot berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. “Alhamdulilah tetap bisa maksimal,” tambah Fachrurozi.

Sementara itu, siswa  lainya yang berprestasi yakni Qadofi Zan Zabil. Zabil adalah peraih emas Porseni MTs Provinsi jatim bidang pidato bahasa Inggris. Zabil yang juga anggota klub bahasa Inggris MTsN 1 Kota Kediri mengaku sudah mempersiapkan diri dalam lomba itu sejak lama. Tepatnya saat mulai porseni tingkat kota. “Jadi sebelum Porseni Jatim tidak banyak persiapan,” jelasnya.

Kepala MTsN 1 Kediri M. Nizar sangat mengapreasi prestasi ketiga siswa tersebut. Nizar berharap siswa lainnya dapat termotivasi. “Tugas Madrasah adalah mendukung kegiatan setiap kegiatan positif siswa. Semoga kedepan prestasinya lebih baik lagi,” harap kepala madrasah yang murah senyum ini.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
EKSKUL SUPERROBOTIK MTSN1 KOTA KEDIRI

Alhamdulillah team Super Masansa Robotik dapat juara 1 di Madrasah Robotic Competition tanggal 16-17 November 2019 di Grand City Surabaya. Selamat Ozi (9C)dan Azzam (9C). Kau hebaaaaat.

13/01/2020 13:37 WIB - Mulyono